Klik Gambar di bawah ini Untuk FREE Download Aplikasi Lagu Anak

Download GRATIS Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Baca Tutorial Download Lagu Anak Karya Kak Zepe di Bawah ini

Baca Tutorial Download Lagu Pendidikan CIptaan Kak Zepe di Bawah ini

 Inilah Cara Download MP3 Lagu Anak Kak Zepe lebih Mudah Salam cinta lagu anak... Sekarang download lagu anak Karya Kak Zepe leb...

Dukung saya dengan LIKE facebook KAK ZEPE (ada di pojok kanan)

Rabu, 29 Februari 2012

Cara Mengajari Anak Membaca Cepat dan Aman (Review Lagu Anak-Anak "AKU BISA BACA" / Lagu anak belajar membaca di usia dini) by Kak Zepe


Cara Mengajari Anak Membaca Cepat  dan Aman

Banyak kalangan berpendapat bahwa pelajaran membaca tidaklah  pantas untuk diajarkan kepada anak di usia dini. Pelajaran membaca hanya layak diberikan kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar, bukan Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak. Karena dunia anak-anak adalah dunia  bermain, bukan melulu  berfokus pada memasukkan ilmu  ke dalam memori otak  anak. Karena dengan materi pelajaran yang terlalu berat,  anak-anak  bisa menjadi mudah stress dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan dan ketrampilan mereka yang lain. Salah satu dilemma yang  sedang dihadapi pendidik PAUD dan TK adalah masih banyaknya Sekolah Dasar yang menjadikan kemampuan membaca sebagai  salah satu syarat  diterima atau  tidaknya  para siswa baru.



Sebagai  pencipta lagu anak-anak, saya  tergerak untuk membuat sesuatu  yang  saya harap berguna bagi anak-anak Indonesia, khususnya  dalam menghadapi  masalah boleh atau  tidaknya  anak usia dini mendapatkan materi pelajaran membaca. Lalu  tercetus sebuah ide dalam benak saya untuk menciptakan sebuah lagu yang berguna bagi  anak-anak usia dini, khususnya yang berhubungan dengan materi pelajaran membaca. Dengan diciptakannya  lagu ini,  bukan berarti saya setuju  atau mengijinkan anak-anak usia dini diberikan materi  pelajaran membaca.

Di  dalam lagu saya  ini, saya hanya ingin menyumbangkan salah  satu ide cara membaca yang aman. Karena dengan lagu ini,  anak-anak tidak hanya  belajar membaca,  namun juga merasakan keceriaan saat  bernyanyi. Atau sebaliknya,  anak-anak bukan hanya  akan merasa senang  dengan bernyanyi,  namun mereka juga akan mendapatkan sebuah pelajaran “cara membaca”.

Lirik  dari  lagu ini sebagai berikut:
A - K – U  KU AKU… B  -  I BI S  - A SA BISA B-A BA C-A CA BACA…
AKU BISA BACA…. (Lagu bisa didengarkan di SINI (LAGU "AKU BISA BACA")

Itu   hanyalah salah satu penggalan lirik yang terdapat di dalam lagu AKU BISA BACA. Dengan lirik  dan nada yang  ada di dalam lagu AKU BISA BACA, anda juga  bisa berkreasi  dengan menggunakan kata-kata  yang  lain. Misalnya: SAYA SUKA BOLA, BUKU  SAYA  BARU,  MATA SAYA DUA, dan  masih banyak kata-kata yang lain serta  bisa menjadi  lirik pengganti  dari  lagu  ciptaan saya  tersebut. Syarat  kata-kata  yang bisa anda pilih adalah memiliki  empat  huruf dan  dua suku  kata,  tiap  suku  kata memiliki  satu  huruf konsonan dan satu huruf vocal,  misalnya  KA, MU, BI, SA, RA,  SA, dll. Namun bisa juga  suku kata yang pertama  hanya menggunakan satu  huruf ( dan suku  kata  yang kedua harus  menggunakan dua huruf), misalnya  pada  kata AKU. Huruf “A” berdiri  sendiri  pada  suku  kata  pertama.

Saya  yakin,  metode membaca sambil bernyanyi adalah salah  satu  metode belajar membaca anak yang aman,  dan bisa digunakan oleh para pendidik anak usia dini dan orang tua. Sebenarnya masih banyak metode-metode mengajarkan anak membaca  yang lain. Namun memang  sangat  diperlukan kreatifitas.  Misalnya  dengan media dongeng,  menggambar, menari, dan lain-lain.

Dengan artikel ini, saya  hanya berharap kepada pihak  yang “mengijinkan” anak usia dini menerima pelajaran membaca menjadi  tahu pentingnya  kreatifitas dalam mengajarkan materi  pelajaran ini. Dan bagi  pihak yang sangat  anti terhadap  diijinkannya / diharuskannya anak-anak  menerima materi  pelajaran membaca menjadi  tahu,  bahwa masalah yang sebenarnya bukanlah boleh atau tidak,  namun semua tergantung  pada CARA  MENGAJARKAN. Karena  tidak ada salahnya  juga  anak-anak bernyanyi lagu ABC, hafal bentuk-bentuk huruf, bisa menulis  nama diri,  yang merupakan salah  satu  bagian dari materi  pelajaran membaca. Jadi marilah kita bersama, menggunakan kreatifitas  kita masing-masing, untuk menemukan metode-metode kreatif, yang bisa meringankan dan memudahkan anak untuk bisa membaca.

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE,   atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 Atau klik gambar di bawah ini:           https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Yuk Nonton Video Klip Aplikasi "KAK ZEPE LAGU ANAK vol 2"