Klik Gambar di bawah ini Untuk FREE Download Aplikasi Lagu Anak

Download GRATIS Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Baca Tutorial Download Lagu Anak Karya Kak Zepe di Bawah ini

Baca Tutorial Download Lagu Pendidikan CIptaan Kak Zepe di Bawah ini

 Inilah Cara Download MP3 Lagu Anak Kak Zepe lebih Mudah Salam cinta lagu anak... Sekarang download lagu anak Karya Kak Zepe leb...

Dukung saya dengan LIKE facebook KAK ZEPE (ada di pojok kanan)

Senin, 05 Maret 2012

BEBERAPA ATURAN DALAM MEMBUAT NOTASI UNTUK LAGU ANAK by Rido Faldana


BEBERAPA ATURAN DALAM MEMBUAT NOTASI UNTUK LAGU ANAK
Rido Faldana


sibermedik.wordpress.com
Saat ini musik Indonesia berkembang dengan pesatnya. Setiap bulannya akan selalu keluar lagu baru. Hal ini akan disambut dengan baik oleh para penggemar penyanyi tersebut. Salah satu jenis musik Indonesia adalah lagu anak. Lagu anak memiliki potensi yang bagus untuk berkembang di Indonesia karena jumlah anak-anak di Indonesia saat ini cukup banyak. Bagaimana aturan dalam membuat notasi lagu anak berdasarkan aturan YMI dan ISI? Berikut ulasannya:



Pertama, sebelum membuat notasi lagu anak Anda harus paham melodi, irama dan harmoni. Karena lagu adalah paduan dari ketiga unsur ini. Jika Anda tidak memahami unsur ini tentu lagu anak yang Anda ciptakan tidak akan bagus dan menarik.

Kedua, Anda harus mengerti benar apa itu notasi. Notasi berfungsi untuk menunjukkan keaslian suatu lagu. Jika Anda mengambil referensi dari lagu anak yang pernah ada sebelumnya buatlah notasi yang berbeda. Setelah itu yang hatus Anda ingat adalah buatlah notasi dengan tingkat kesulitan sederhana. Karakter suara dan kemampuan vokal anak-anak tentu belum dapat sebagus yang dimiliki oleh orang dewasa. Selain itu untuk melatih anak-anak tentu juga tidak segampang melatih orang dewasa. Jadi, akan percuma jika Anda membuat lagu anak yang bagus, namun tidak dapat dapat dinyanyikan oleh anak-anak. Aturan yang harus menjadi perhatian bagi Anda berikutnya adalah pastikan untuk anak usia berapa lagu tersebut Anda diciptakan. Makin kecil usia anak, maka notasi lagu yang akan Anda buat haruslah lebih sederhana dan tidak ribet.

Ketiga, cobalah bawakan notasi tersebut dengan alat musik yang sering digunakan untuk pengiring lagu anak-anak. Apakah menghasilkan kombinasi yang bagus atau tidak. Hal ini sangat penting Anda pertimbangkan karena alat musik merupakan salah satu komponen penting dalam lagu.

Selanjutnya pola notasi untuk lagu anak yang baik adalah yang disusun dari D sampai ke C, lalu di atas C sedang, dengan membuat susunan sebagian besar nada D sampai kepada nada A. Selain itu jangan membuat tempo lagu anak yang terlalu cepat, ingat lagu yang ceria bukan berati lagu yang memiliki tempo yang sangat cepat. Tentu Anda sudah memahami sejauh mana tempo lagu maksimal yang dapat dibawakan oleh anak-anak dengan baik.

Aturan dalam membuat notasi lagu anak yang kelima, buatlah notasi dengan melodi dan harmoninya yang memiliki ciri berbeda. Dengan membuat melodi dan harmoni yang memiliki ciri yang berbeda, lagu tersebut akan mudah dihapal dan diingat oleh anak-anak.

Aturan keenam, tidak akan jadi masalah jika lagu yang Anda ciptakan memiliki notasi dan ritme yang mirip dengan lagu anak-anak yang pernah ada sebelumnya. Hal ini berfungsi agar anak-anak cepat dan menghafal lagu yang Anda ciptakan tersebut. Tapi ingat, jangan membuat notasi yang sama persis, itu sama artinya dengan mengganti lirik lagu.

Setelah notasi dan lirik lagu tersebut selesai cobalah Anda bawakan sendiri dengan alat musik yang telah Anda tentukan. Jika Anda menilai lagu tersebut memiliki irama dan lirik yang bagus jangan anggap usaha Anda akan selesai sampai di sini. Mintalah penyanyi anak-anak untuk menyanyikannya. Dengarkan dengan sangat seksama, pastikan bahwa lagu itu dapat mereka nyanyikan dengan gampang dan rileks. Setelah itu pastikan bahwa jika dibawakan oleh anak-anak lagu yang Anda ciptakan tersebut enak di dengar dan menarik bagi anak-anak. Tidak cukup untuk meminta satu penyanyi cilik saja, cobalah untuk meminta beberapa penyanyi cilik untuk menyanyikan lagu Anda, sehingga benar-benar dapat dipastikan notasi lagu tersebut sudah sesuai untuk anak-anak.

Sumber: laguanak.net

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE,   atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 Atau klik gambar di bawah ini:           https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Yuk Nonton Video Klip Aplikasi "KAK ZEPE LAGU ANAK vol 2"